Penerimaan Calon Taruna

Menjadi
Taruna

Panggilan mereka adalah TARUNA, nama ini melekat di semua peserta didik yang mengikuti pendidikan di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Taruna berarti Pemuda atau Remaja atau Generasi Muda yang sementara mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah kedinasan yang identik dengan disiplin dan fisik yang tangguh.

Jika Anda memiliki jiwa yang menyukai tantangan, mengejar kompetensi untuk siap bekerja dan perform fisik yang tangguh, anda berada di tempat yang tepat.

Penerimaan Peserta Didik pada Politeknik Ilmu Pelayaran dikenal secara umum dengan nama SIPENCATAR atau Sistem Penerimaan Calon Taruna, Secara umum pelaksanaannya dilaksanakan secara nasional dan serentak diseluruh sekolah atau perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan. Pendaftaran dibuka setiap tahunnya di setiap bulan Maret dengan target mulai pendidikan atau masuk asrama di bulan September. 

Di lingkungan sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan, dikenal jalur pendaftaran sebagai berikut :

Jalur reguler
Pola Pembibitan

Jalur ini adalah pendidikan dan pelatihan yang peserta didiknya disiapkan untuk mengisi formasi calon Aparatur Sipil Negara di kementerian Perhubungan. Seleksi penerimaan bekerja sama dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara) sehingga proses pendaftarannya juga mengakses laman pendaftaran https://sscasn.bkn.go.id dan https://sipencatar.dephub.go.id Pembukaan pendaftaran jalur ini tidak bersifat tetap dibuka setiap tahunnya tetapi mengikuti formasi yang disetujui oleh Pemerintah.

Jalur non reguler/
Mandiri

Jalur penerimaan calon taruna ini dilaksanakan secara mandiri oleh Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan dengan tetap melalui standar pelaksanaan dari Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan SDM Perhubungan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui akses website http://pmb.pipmakassar.ac.id
Apa perbedaan dengan jalur lainnya, secara fasilitas pendidikan dan pelatihan adalah SAMA dengan jalur reguler namun berbeda dari segi pembayaran atau biaya pendidikan karena tidak disubsidi secara langsung.

Direktur PIP Makassar

capt. sukirno

Our

Experts

kasubag ketarunaan

DR. Kurniawan abadi

Salah satu dosen dengan spesialisasi di program studi Teknika

wakil direktur i

Capt. hadi setiawan

Lulusan PIP Makassar angkatan 15 dengan spesialisasi di program studi Nautika