Perusahaan Pelayaran mencari SDM unggul dari Kampus Bumi Seram

Momen semester III dan IV program Diploma IV dan Diklat Pelaut III Pembentukan merupakan momen penentuan lokasi praktek berlayar taruna.  dan syukurnya beberapa perusahaan juga menawarkan keinginan untuk bekerja sama dan bersedia menerima taruna-taruni untuk melaksanakan praktek di perusahaan -perusahaan tersebut.

Capt.Ilham Ashari,S.SiT.,MM.,M.Mar selaku Kepala Subbag Bagian Administrasi ketarunaan dan alumni atas arahan bapak direktur PIP Makassar  bapak H. Irwan, SH., M.Pd., M.Mar.E, aktif menindaklanjuti sesuai tupoksinya untuk penyiapan fasilitas praktek bagi taruna yang akan prala dan prada, beliau juga mengharapkan tahun ini dapat lebih maksimal dalam memfasilitasi taruna pada industri pelayaran sehingga dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu, tentunya dengan kerjasama yg dikembangkan untuk memaksimalkan upaya penyediaan fasilitas praktek taruna sehingga akan tercipta kesinambungan bagi proses pendidikan dan pelatihan kepelautan di PIP Makassar untuk menghasilkan SDM profesional dan unggul bidang pelayaran.

Awal tahun 2018 ini beberapa perusahaan telah menyatakan kesediaannya untuk merekrut calon taruna praktek di atas kapal-kapal mereka dan telah sempat melakukan seleksi langsung di Kampus II PIP Makassar. Beberapa perusahaan tersebut antara lain :

  1. PT. Berlian Laju Tanker TBK, merekrut 20 orang taruna prodi Nautika dan 20 orang Prodi Teknika yang dilaksanakan pada tgl 5 – 6 Februari 2018 dan hasilnya akan di sampaikan pada minggu terakhir februari 2018
  2. PT. Topaz Maritime, merekrut 20 orang prodi Nautika dan 20 prodi teknika yang dilaksanakan pada tgl 8 – 9 februari 2018, akan di infokan hasil seleksinya pada akhir februari 2018.
  3. K-line shipping manajement jepang pada tgl 1 – 2 februari 2018 yang merekrut 10 orang taruna prodi Nautika dan 10 orang teknika dengan tahapan seleksi interview, potensi akademik dan psikologi yang hasilnya juga disampaikan pada minggu terakhir februari 2018 yang langsung diputuskan oleh crewing manajemen kantor pusat di tokyo.
  4. PT.Tempuran emas.TBK, juga merekrut 20 orang nautika, 20 orang Teknika dengan proses
    yang sama pada tgl 30-31 januari 2018 dan dengan hasil seleksi dapat diterima sebanyak 9 orang Prodi teknika, 7 orang prodi Nautika yang nantinya akan di beri kesempatan untuk dapat melaksanakan praktek diatas kapal-kapal milik PT. Tempuran Emas Jakarta yang saat ini di manajemeni oleh perusahaan pelayaran dari Jerman.

Perusahaan-perusahaan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan kualitas taruna khususnya pada kemampuan bahasa Inggris dan pengetahuan mereka sehingga kualitasnya akan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Proses seleksi kemampuan akademik, psikologi dan interview yang dilaksanakan di gedung utama Lantai III kampus II PIP Makassar jalan Salodong kelurahan Untia.
Kegiatan seleksi yg dilaksanakan secara bertahap oleh Team Crewing dari perusahaan pelayaran yang sebelumnya telah diusulkan sesuai kreteria dengan IPK semester terakhir minimal 3.0, kondite A, dan memiliki kemampuan bahasa inggris yang memadai. Seluruh taruna diharapkan bersaing secara sehat dan mempersiapkan diri untuk menggapai standar tersebut.

Pada bulan Mei mendatang salah satu perusahaan juga telah mengkonfirmasi kesiapannya untuk datang melakukan rekruitmen seperti dari perusahaan pelayaran internasional Wan Hai Shipping yang berkantor pusat di Taiwan melalui email dan telepon dari crewing manajer Mr. Huang Kuo Wei yang akan merekrut taruna-taruna terbaik dari PIP makassar, selain itu juga beberapa perusahaan domestik dan internasional lainnya juga akan datang melaksanakan rekrutmen di kampus PIP Makassar, antara lain PT. Meratus Line, PT. Pelni Indonesia, PT. Bitumen Marasende, PT. Pertamina shipping, dan PT. Soechi line shipping.

Please follow and like us: