Rangkuman pertanyaan terkait Calon Taruna

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar yang disingkat PIP Makassar adalah salah satu perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan yang terletak di bagian Timur Indonesia, 2 (dua) yang lainnya adalah PIP Semarang dan STIP Jakarta (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) berada di pulau Jawa. Posisi nya tersebut memiliki peran yang strategis bagi pengembangan SDM pelayaran di pulau Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Irian Jaya. Potensi pemuda yang sangat tinggi di pulau-pulau tersebut untuk menggeluti profesi pelaut menjadi kekhususan tersendiri sehingga cikal bakal sekolah ini sudah ada sejak tahun 1921 yang kala itu dipimpin oleh seorang berkebangsaan Belanda.  Semangat pemuda dan pemudi tersebut sampai sekarang masih tetap menjadikan PIP Makassar sebagai destinasi utama untuk menjadi pelaut atau yang ingin berprofesi di bidang pelayaran.

Berikut hal-hal yang sering ditanyakan oleh calon taruna :

1.Apa itu Sipencatar ?

  • Sipencatar adalah singkatan dari Sistem Penerimaan Calon Taruna, semua penerimaan calon taruna reguler di lingkungan kementerian Perhubungan baik untuk diklat darat, laut maupun udara melalui proses tersebut. Sipencatar meliputi 2 (dua) bagian besar yakni panitia sipencatar pusat yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan di Jakarta dan panitia Sipencatar Daerah yang anggotanya dari UPT (unit pelaksana Teknis) Diklat seperti PIP Makassar. ┬áPanitia Sipencatar dibentuk dan bekerja setiap tahun pada penerimaan calon taruna.

2. apa itu Jurusan nautika ?

  • Jurusan Nautika atau biasa juga disebut dengan Dek, karena area bekerjanya di atas Dek kapal untuk melakukan olah gerak kapal dan navigasi.

3. Apa itu jurusan Teknika ?

  • Jurusan ini akan belajar tentang permesinan kapal dan segala perlengkapan yang berkaitan dengan itu.

4. Apa itu jurusan KALK?

  • Jurusan ini akan belajar bagaimana operasional pelabuhan, eksport import, pengelolaan kapal laut, manajemen logistik, penanganan dokumen kapal laut, bongkar muat.

5. Apa itu ANT-III ?

  • merupakan singkatan dari Ahli Nautika Tingkat III

6. Apa itu ATT-III ?

  • Merupakan singkatan dari Ahli Teknika Tingkat III

7. Apakah harus pintar berenang untuk menjadi taruna PIP ?

  • Kemampuan berenang bukan menjadi persyaratan kelulusan calon taruna di PIP Makassar. Walaupun nantinya akan banyak bekerja di laut namun tidak harus bisa berenang, jika sesuatu terjadi Pelaut mengandalkan pelampung dan sekoci untuk menyelamatkan diri. Mau berenang kemana kalasu sudah di tengah laut.

8. Apa itu Program Diploma IV Jalur Mandiri ?

  • Program Diploma IV Jalur Mandiri dibuka atas dasar besarnya minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi pelayaran. Secara pendidikan dan Pelatihan tidak ada yang beda dengan Diploma IV reguler atau program diklat yang sumber pesertanya berasal dari proses Sipencatar nasional. Diploma IV Jalur mandiri ini juga terhitung seangkatan dengan Diploma IV reguler. Secara pembiayaan berbeda karena beberapa kegiatan Pendidikan dan pelatihan tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

 

Please follow and like us: