Panduan Calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Bagi yang berminat jadi Calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, berikut informasi awal yang mesti Anda perlu ketahui :

  1. Taruna adalah sebutan bagi peserta didik yang akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dengan pilihan Program Diploma IV Pelayaran dan Diklat Pelaut Tingkat-III Pembentukan.
  2. Program Diploma IV Pelayaran adalah program pendidikan setara Diploma IV dengan pilihan jurusan Nautika, Teknika serta Ketatalaksanaan Angkutan Dan Kepelabuhanan (KALK). Setelah lulus akan mendapatkan 2(dua) jenis Ijasah yakni Ijasah Diploma IV Pelayaran dengan gelar S.St.Pel. dan Ijasah laut Ahli Nautika/Ahli Teknika Tingkat III (setelah menyelesaikan masa berlayar selama minimal 2 tahun akan dapat meningkatkan Ijasahnya menjadi Ahli Nautika/Ahli Teknika Tingkat II.
  3. Program Diploma IV Pelayaran ada 2(dua) mekanisme penerimaan yakni Diploma IV Reguler dan Mandiri.
  4. Penerimaan Calon Taruna baru Diploma IV Reguler dilaksanakan secara online melalui website http://sipencatar.dephub.go.id  , penerimaan calon taruna dilaksanakan hanya dilaksanakan 1(satu) kali setahun dan setiap tahunnya mulai pada bulan Maret – Juni tahun berjalan secara terpadu dan serentak di seluruh sekolah/perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan.
  5. Persyaratan calon taruna dapat dilihat pada website Sipencatar Online –https://sipencatar.dephub.go.id
  6. Penerimaan Calon taruna Diploma IV Jalur Mandiri adalah jalur pendidikan Diploma IV Pelayaran secara mandiri dalam hal biaya pendidikan (non subsidi).
  7. Alur Pendaftaran Online

Pertanyaan yang sering muncul dari calon taruna :

  1. Apakah harus bisa berenang? kemampuan berenang memang baik dimiliki oleh setiap taruna namun hal tersebut bukan merupakan persyaratan wajib.
  2. Masuk PIP Makassar harus memiliki kenalan atau orang dalam? jangan terprovokasi oleh berita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan di saat orang bingung, PIP Makassar tidak membenarkan siapapun oknum yang menjanjikan bisa meloloskan menjadi taruna, semua berdasarkan hasil seleksi sehingga betul-betul ditentukan oleh kemampuan catar yang bersangkutan.
Please follow and like us: