PIP Makassar Membangun Karakter Taruna Cinta Lingkungan Dan Sesama Lewat Program "JUMAT PEDULI"

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar sebagai salah UPT dibawah Badan Pengembangan SDM Perhubungan dituntut untuk mampu mencetak lulusan yang berkarakter dan berintegritas agar mampu berkiprah dan bersaing di level global.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah melalui program "JUMAT PEDULI" yang telah menjadi program kerja tetap Pusat Pembangunan Karakter (PKT) PIP Makassar yang telah dicanangkan oleh Direktur PIP Makassar pada awal Februari 2017.

Program Jumat Peduli yang dilaksanakan pada hari Jumat tadi pagi (10/2/2017) melibatkan sekitar 250 Taruna yang terdistribusi dalam beberapa kegiatan, yaitu:

1. Peduli Sosial

Program yang dimulai setelah shalat subuh ini dilaksanakan dengan cara membagi makanan kepada anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan Guppi, Jl. Korban 40.000 Jiwa No. 23 dan Panti Asuhan Raodatul Jannah Jl. Sunu Lr. 1B No. 17. Sementara untuk para penyapu jalan, pengayuh becak, serta pekerja sosial lainnya dibagi sepanjang jalan AP Pettarani, Jalan Urip Sumiharjo, Jalan Masjid Raya dan berakhir pada Jalan Sunu Makassar.

2. Peduli Lingkungan

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah membersihkan wilayah perkampungan masyarakat di Desa Nelayan Kelurahan Untia yang merupakan komunitas masyarakat pesisir karena terletak tidak jauh dari Pelabuhan Perikanan Untia dan Pantai Untia.

3. Peduli Umat

Lewat program peduli umat, Taruna-Taruni PIP Makassar melaksanakan tutorial Iqra di TPA seputar kampus baru Jl. Salodong Kelurahan Untia, disamping itu Taruna-Taruni juga melaksanakan kegiatan 'Kultum' setelah ba'da shalat subuh, Ashar, Maghrib dan Isya di Mushallah, dan Masjid Kampus.

Direktur PIP Makassar Ahmad Wahid pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa melalui program "JUMAT PEDULI" ini, seluruh Taruna-Taruni PIP Makassar diharapkaqn dapat membangun kecintaan mereka terhadap lingkungan, membangun kemandirian, tanggung jawab, pekerja keras serta dapat menumbuhkan kepedulian dan toleransi terhadap sesama umat manusia khususnya dalam menjalani kehidupan di kampus, dan yang terpenting dan utama adalah Taruna PIP Makassar dapat menjadi insan-insan yang religius. (Humas PIP Makassar).

Leave a reply
Comentar